BREAKING NEWS :
Loading...

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH
Assalamualaikum Warohmatullohi Wa Barokatuh.Saya ucapkan selamat datang di Website SDN Tritih Wetan 01. Website ini dibuat sebagai kelengkapan administrasi sekolah, penunjang pembelajaran dan wahana berbagi informasi seputar pendidikan. Mudah-mudahan website ini bermanfaat. Sekian, terimaksih.Wassalamualaikum Warohmatullohi Wa Barokatuh
Memuat...

Written By alisonglap on Senin, 09 Januari 2017 | 09.37.00

Gerakan Literasi Sekolah atau disebut dengan GLS merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Gerakan Literasi Sekolah dilatar belakangi atas keprihatinan terhadap rendahnya tingkat membaca masyarakat Indonesia yang menurut survey dari UNESCO hanya 0,001 artinya dari seribu orang hanya ada satu yang memiliki minat baca dan dari 61 negara Indonesia menempati peringkat ke-60. Harapan besar dari GLS, mudah-mudahan gerakan ini dapat menumbuhkan minat baca masyarakat Indonesia ditahun-tahun mendatang.

Salah satu kegiatan di dalam Gerakan Literasi Sekolah adalah kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai.  Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.

SDN Tritih Wetan 01 yang ditunjuk menjadi SD rujukan se-Kabupaten Cilacap mengapresiasi program pemerintah ini dengan sangat serius. Semenjak GLS disosialisasikan di lingkungan Pendidikan di Cilacap, SDN Tritih Wetan 01 langsung bergerak dengan membuat taman baca di depan perpustakaan "Habis Gelap Terbitlah Terang" SDN Tritih Wetan 01, kemudian menggalakan sudut-sudut baca di tiap-tiap kelas dari kelas 1 sampai kelas 6. Mudah-mudahan dengan demiakian minat membaca para Siswa SDN Tritih Wetan 01 menjadi meningkat.






Daftar Pustaka :
http://gobekasi.pojoksatu.id/2016/05/19/survei-unesco-minat-baca-masyarakat-indonesia-0001-persen/#
Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar